http://lampost.co/berita/tingkatkan-minat-baca-sugeng-pakai-sepeda-motor-jadi-perpustakaan-keliling-

Tingkatkan Minat Baca, Sugeng Pakai Sepeda Motor Jadi Perpustakaan Keliling

KALIANDA -- Berangkat dari keprihatinan atas kurangnya ketersediaan akses atas bahan bacaan bagi anak anak Indonesia. Sugeng Haryono (30), sarjana lulusan Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Surabaya meningkatkan layanan perpustakaan dengan sepeda motor keliling hingga ke daerah terpencil.

Dengan sepeda motor tua, warga Desa Pematang Pasir, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, itu berkeliling di balai Desa Lebungnala untuk mengenalkan buku sebagai jendela dunia. "Dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, saya masuk warung, poskamling, dan bengkel supaya mengena,” kata Sugeng Haryono.

Selain berkeliling membawa ribuan buku, Sugeng juga memanfaatkan ruang kosong di balai Desa Lebungnala untuk mendirikan perpustakaan desa yang selama ini mati suri. Perpustaakaan desa tersebut diberi nama Ngluri Ilmu. "Di balai desa itu juga nantinya akan saya dirikan kursus komputer dasar gratis. Dengan adanya terobosan tersebut diharapkan minat baca anak-anak, kaum remaja, dan orang tua meningkat," kata dia.

Ia berharap kehadiran kehadiran perpustaan keliling di desa Lebungnala ini dapat merangsang tumbuhnya minat di masyarakat, khususnya daerah terpencil. "Selain mendapat bantuan dari perpustakaan daerah, buku-buku perpustakaan ini juga merupakan bantuan dari teman di Riau dan Jawa Barat," ujar Sugeng. 

Komentar