LAPORAN KERJA OPERASIONAL PERPUSTAKAAN
PERPUSTAKAAN NGELURI ILMU DESA LEBUNG NALA KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
TAHUN 2012  s/d 2014
A.    PENDAHULUAN
Perputakaan bukan merupakan hal baru di kalangan masyarakat, di mana-mana telah diselenggarakan perpustakaan, seperti di sekolah-sekolah, baik sekolah umum maupun sekolah kejuruan, baik sekolah dasar maupun sekolah menengah. Begitu pula di kantor-kantor, bahkan sekarang telah digalakkan perpustakaan-perpustakaan umum baik di tingkat kabupaten sampai dengan tingkat desa. Tetapi, walaupun bukan merupakan hal baru, masih banyak orang yang memberikan definisi yang salah terhadap perpustakaan. Banyak orang mengasosiasikan perpustakaan dengan buku-buku, sehingga setiap tumpukan buku pada suatu tempat tertentu disebut perpustakaan. Padahal tidak semua tumpukan buku itu dapat dikatakan perpustakaan.
Sama halnya yang ada di Perpustakaan Desa Lebung Nala Di beberapa ruangan terdapat tumpukan buku-buku yang tidak dapat dikatakan sebagai perpustakaan. Perpustakaan milik Perpustakaan Desa Lebung Nala berlokasi di suatu tempat tertentu yang diorganisasi dengan baik. Baik  sirkulasi maupun administrasinya. Namun demikian, masih banyak pembenahan-pembenahan yang harus dilakukan di Perpustakaan Desa Lebung Nala untuk mencapai perpustakaan sekolah yang ideal. Dengan demikian perpustakaan desa sebagai salah satu sumber informasi dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Berbagai kebijaksanaan dalam program kerja perpustakaan tidak akan mampu memberikan kontribusi nyata apabila tidak didukung dengan tersedianya berbagai faktor utama bagi terselenggaranya program kerja perpustakaan itu sendiri. Berbagai faktor tersebut salah satunya berupa sarana prasarana perpustakaan yang sangat komplek, yang meliputi gedung, mebelair, buku-buku koleksi referensi dan sirkulasi, dan lain-lain. Dengan didukung sarana dan prasarana  yang memadai akan mampu memberikan ruang gerak optimal bagi sebuah perpustakaan di dalam usahanya mengembangkan sekaligus meningkatkan kualitas perpustakaan, sebagai upaya pemenuhan tuntutan masyarakat akan perpustakaan yang berfungsi dan bermanfaat dengan baik.
Sebagai suatu unit kerja, Perpustakaan Desa Lebung Nala wajib mempunyai rencana agar pelaksanaan program kerja berjalan lancar dan mampu mengembangkan perpustakaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan secara maksimal. Program Kerja Operasional Perpustakaan Perpustakaan Desa Lebung Nala Kabupaten Lampung Selatan diharapkan menjadi pedoman kerja bagi pembina/petugas perpustakaan desa di dalam melaksanakan tugas sehari-hari mengacu pada peningkatan kinerja dalam batas-batas tatanan yang telah ditentukan dan atau dimufakati bersama.
 B. DASAR PEMIKIRAN
Dasar penyusunan program kerja perpustakaan adalah peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya dari Menteri Pendidikan Nasional, yang langsung maupun tidak langsung mengatur bahwa setiap perpustakaan wajib menyusun / menulis dan melaksanakan program kerja tahunan, antara lain:
  1. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 28 Juni 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Perpustakaan Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan  Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)
C.  MANFAAT
Perpustakaan Desa/Kelurahan adalah perpustakaan masyarakat sebagai salah satu sarana/media untukmemngkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakatpedesaan, yangmerupakan bagian integraldarikegiatanpembangunan desa/kelurahan. Perpustakaan desa tampak bermanfaat apabila benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses penyediaan informasi masyarakat yg upto deat. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya berupa tingginya pengetahuan penembangan usaha kecil dan menengah masyarakat, tetapi lebih jauh lagi, antara lain adalah masyarakat yang mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai infomasi. Masyarakat yang terbiasa belajar mandiri, terlatih dan bertanggung jawab dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi, dan sebagainya.
Manfaat perpustakaan dapat disimpulkan sebagai berikut:
  • Sarana pendidikan, pusat kegiatan belajar mengajar
  • Pusat informasi (ilmiah dan umum)
  • Pusat layanan referensi
  • Pusat penelitian  (sederhana dan risat ilmiah)
  • Pusat kerja sama antar perpustakaan
  • Sarana untuk melancarkan pelaksanaan tugas
  • Tempat memperoleh inspirasi
D.  PERANAN
Peranan  perpustakaan secara simbolis dapat diutarakan sebagai berikut:
  • Melestarikan budaya bangsa
  • Memajukan dan mencerdaskan bangsa
  • Memajukan dan meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Menjadi tempat serta ajang penelitian, diskusi, studi, dan konsultasi berbagai disiplin ilmu
  • Sebagai tempat rekreasi
E.  TUJUAN
Secara rinci, tujuan yang diharapkan dari perpustakaan Desa Lebung Nala perpustakaan sekolah, adalah sebagai berikut:
  1. Perpustakaan Desa dapat menimbulkan kecintaan masyarakat terhadap membaca.
  2. Perpustakaan Desa dapat memperkaya pengalaman belajar masyarakat.
  3. Perpustakaan Desa dapat menanamkan kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya masyarakat mampu belajar mandiri.
  4. Perpustakaan Desa dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca.
  5. Perpustakaan Desa dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa.
  6. Perpustakaan Desa dapat melatih masyarakat kearah tanggung jawab.
  7. Perpustakaan Desa dapat memperlancar masyarakat dalam menyelesaikan tugas-tugas pengajaran.
  8. Perpustakaan Desa dapat membantu bapak ibu guru menemukan sumber pengajaran.
  9. Perpustakaan Desa dapat membantu Panong Desa, Masyarakat, siswa, guru, staf sekolah dan semua elemen masyarakat dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
F.   HASIL KERJA PROKER 2002-2014
PENATAAN PROFIL PERPUSTAKAAN
Tahun Pelajaran 2012/2014:
  1. Persiapan gudang:
  2. Pengaturan ruang perpustakaan
(ruang kerja digunakan Pembina dan petugas perpustakaan dalam menyelesaikan tugas- tugas tertentu)
  1. Pengaturan ruang sirkulasi perpustakaan
  2. Evaluasi hasil kerja


Hasil: penataan profil perpustakaan telah terlaksana berkat kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain pembina dan petugas perpustakaan serta beberapa staf Tata desa Lebung Nala.
Hambatan: ada beberapa kondisi yang menyebabkan program tidak terlaksana sepenuhnya. Antara lain, kurangnya fasilitas rak buku sedangkan buku baru terus bertambah. Akibatnya, ruang kerja pembina perpustakaan tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena digunakan sebagai tempat meletakkan buku baru yang terbengkalai.
Harapan: kami berharap fasilitas rak buku dapat segera terealisasi agar buku-buku baru yang tersimpan dapat lebih beermanfaat bagi masyarakat.
PENGELOLAAN MANAJEMEN DAN PENAMBAHAN KOLEKSI BUKU
Tahun Pelajaran 2012/2014:
  1. Penambahan koleksi buku referensi dan buku sirkulasi
  2. Stempel buku baru
  3. Buku Induk
  4. Label buku/kode buku
  5. Sampul buku
  6. Klasifikasi
  7. Katalog
  8. Lain-lain
  9. Evaluasi
Hasil: pengelolaan manajemen dan penambahan koleksi buku telah mencapai beberapa target.
Hambatan: hambatan pada program ini adalah penggantian sampul buku lama. Hal tersebut terhambat karena kondisi buku lama yang apabila diganti sampulnya dapat menyebabkan kerusakan pada buku.
Harapan: kami berharap untuk program kerja periode berikutnya, program ini masih dilanjutkan dengan mempertimbangkan berbagai hal.
PROGRAM PENGGUNAAN OPAC UNTUK PERPUSTAKAAN
Tahun 2014:
  1. Persiapan program OPAC
  2. Pembinaan/pelatihan petugas perpustakaan
  3. Sosialisasi OPAC perpustakaan
  4. Operasional OPAC perpustakaan
  5. Evaluasi
Hasil: program OPAC belum terlaksana dengan baik seiring dengan belum adanya perangkat koputer di perpustakaan desa lebung nala.
Harapan: semoga dari instansi terkait bisa membantu kekurangan Perpustakaan Desa Lebung Nala
G.      PENUTUP
Laporan  Kerja Operasional Perpustakaan Desa Lebung Nala ini merupakan modal bagi tersusunnya Program Kerja Operasional Perpustakaan pada periode yang akan datang. Selain itu, dapat pula sebagai bahan pertimbangan agar penyusunan dan pelaksanaan Program Kerja Operasional Perpustakaan berikutnya dapat lebih baik dan memberikan berbagai inovasi demi kelancaran perpustakaan sekolah  di dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai salah satu sumber informasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Kami berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu terlaksananya Program Kerja  Operasional Perpustakaan ini, sehingga perpustakaan Perpustakaan Desa Lebung Nala dapat lebih bermanfaat sebagai acuan dan wacana di dalam menjalankan tugas dan kewajiban dengan tanpa mengurangi kreatifitas dan daya pikir demi kemajuan perpustakaan Perpustakaan Desa Lebung Nala
Laporan  Kerja Operasional Perpustakaan Perpustakaan Desa Lebung Nala kami harapkan akan dapat dijadikan sebagai acuan guna pelaksanaan  program yang lebih baik dan sempurna dengan tetap memerhatikan aspirasi dan inovasi yang muncul di lapangan.
Demikian yang dapat kami suguhkan, mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan baik sengaja maupun tidak sengaja. Semoga Laporan Kerja Opersional Perpustakaan ini  dapat bermanfaat dan digunakan sebagaimana mestinya.


Komentar